Anies: Tak Perlu Perjuangkan Kebhinekaan, tapi Persatuan

adsense 336x280
 Anies: Tak Usah Perjuangkan Kebhinekaan, tapi Persatuan
Jakarta - Cagub DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebut Jakarta sebagai ibu kota negara harus menjadi simbol persatuan. Anies menyebut Jakarta memiliki kebersamaan namun belum memiliki persatuan.

"Jakarta sebagai kota yang harus mempersatukan, tampaknya di Jakarta hari ini we have union in the action unity. Kita memiliki union kebersamaan, tapi kita tidak memiliki persatuan," ujar Anies dalam pidato kebangsaan di Hotel Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (3/4/2017).

Anies mengatakan persatuan belum ada di Ibu Kota jika berbicara Pancasila. Persatuan tidak lepas dari konsep kebinekaan yang ada di Indonesia.

"Kebinekaan itu fakta, karena itu tidak usah diperjuangkan. Ada yang mengatakan memperjuangkan kemerdekaan, kemerdekaan itu fakta, fakta itu diterima, bukan diperjuangkan. Yang harus diperjuangkan bukan kebinekaan, (tapi) persatuan di dalam kebinekaan, itu yang harus diperjuangkan," ucap Anies.

Anies menyebut terdapat kekeliruan konseptual jika ada yang mengatakan memperjuangkan kebinekaan. Kebinekaan adalah fakta yang harus dijaga dengan fokus terhadap sila pertama dan sila ketiga Pancasila.

"Sama halnya mengatakan ruangan ini kotak, ini fakta, ruangan ini tidak perlu diperjuangkan untuk kotak, memang kotak," kata Anies.
(nvl/imk)
adsense 336x280