Istana: Pak SBY Sudah Telpon Presiden Belum? Jangan Hanya Ketemu Seolah-olah Ada....



60Detik, Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan ada segelintir orang yang menghalangi pertemuan dirinya dengan Presiden Jokowi. Pihak kepresidenan meminta SBY menyebut nama-nama orang yang menghalangi realisasi pertemuan itu.

"Sekarang era terbuka. Saya sarankan sama Pak SBY, disebut saja siapa yang menghalangi," kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi atau biasa disebut sebagai juru bicara Presiden, Johan Budi, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Baginya, mekanisme permintaan pertemuan bisa diproses dan pasti ditindaklanjuti. Johan sendiri tak tahu apakah sudah ada atau belum penyampaian surat permintaan pertemuan dengan Jokowi dari SBY. Terlepas dari itu, tak ada persoalan antara SBY dan Jokowi secara personal.


"Sekali lagi, pertemuan Pak SBY dan Pak Jokowi jangan dibangun seolah-olah ada persoalan," kata Johan.

Namun komunikasi juga tak harus langsung lewat tatap muka. Bisa saja ada sambungan telepon antara SBY dan Jokowi. Dulu, hal seperti ini sempat dilakukan keduanya.

"Karena keduanya punya hubungan yang baik. Coba tanya Pak SBY pernah telepon dengan Pak Jokowi nggak? Saya yakin pernah, dulu ya, dulu," kata Johan.

Memang tak melulu harus tokoh lain yang mengajukan permintaan bertemu dengan Jokowi. Ada kalanya Jokowi sendiri yang ingin bertemu. Bahkan Jokowi juga bisa menyambangi orang yang ingin dia temui.

"Pak Jokowi bertemu ratusan tokoh, dengan masyarakat, ribuan orang, bahkan jutaan. Pasti ada yang Pak Jokowi ingin bertemu, dengan mendatangi bisa juga. Ada juga mereka yang ingin bertemu Pak Jokowi," kata Johan.

Sebelumnya, di Wisma Proklamasi, SBY menggelar jumpa pers dan menyatakan pertemuannya dengan Jokowi dihalang-halangi oleh sejumlah orang. Padahal SBY ingin bertemu dan berbicara terbuka terkait dengan hal-hal yang perlu dia klarifikasi, terutama soal isu-isu miring yang dialamatkan ke SBY.

"Ada tiga sumber mengatakan beliau (Jokowi) ingin bertemu dengan saya, tapi dilarang oleh dua atau tiga orang di sekitar beliau. Hebat juga yang bisa melarang presiden bertemu sahabatnya yang juga mantan presiden," kata SBY, Rabu (1/2) kemarin.
(dnu/erd/Detik)
  • Terpopuler Minggu Ini