Calon Lain Salah Sajikan Data. Ahok: Semoga Debat Selanjutnya Lebih Bermutu


60Detik- Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menanggapi soal calon lain usai debat Pilgub malam ini. Dia berharap debat selanjutnya lebih bermutu.

Hal ini disampaikan Ahok karena dia merasa dalam debat kali ini, pasangan lain tidak memberikan koreksi yang tepat terhadap petahana. Ahok menilai pasangan lain membangun opini yang salah.

"Jadi saya harap debat kedua dan ketiga bisa jauh lebih bermutu karena kan debat ini untuk mengkritisi petahana. Kami kan manusia, tentu ada kekurangan, keterlambatan kita lakukan ini kan bukan untuk bersaing," ujar Ahok kepada wartawan usai debat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (13/1/2017).

Maka dari itu, Ahok menyontohkan program-program yang telah ditunjukkan selama ini. Salah satunya adalah peningkatan penumpang TransJakarta.

"Misal contoh TransJakarta nggak ada yang mau naik, dia nggak lihat TransJakarta naik 32 persen satu tahun. Tahun 2015-2016 TransJakarta mengangkut 8 juta dan sekarang 11,58 juta," jelas Ahok.

Selain itu, Ahok menepis tudingan bahwa dirinya bersama Djarot Saiful Hidayat tidak pro rakyat miskin. Dia memamerkan program KJP merupakan salah satu contoh bahwa Pemprov DKI saat ini pro-rakyat.

"Lalu kita seolah nggak seneng orang miskin dan pro orang kaya sehingga perbedaan GINI rasio tinggi. Itu kan opini salah, kita tanya mau bantu berapa orang miskin? dijawab Rp 400 ribu sebulan satu keluarga, gimana nentuin orang miskin? Kamu mau terima Rp 400 ribu atau anak anda dapat KJP? Misal SMA Rp 600 ribu dikali 3 anak bisa Rp 1,8 juta. Bantuan kami lebih besar, kami pro miskin tapi kami juga bukan merampok orang kaya, maka kami membantu mereka," tegas Ahok.

Debat Cagub DKI dimulai pada pukul 20.00 WIB dan berjalan selama 6 sesi. Debat perdana ini mengangkat tema pembangunan sosial-ekonomi untuk Jakarta. Ada beberapa isu utama, di antaranya seputar sosial-ekonomi, lingkungan, transportasi, serta pendidikan dan keamanan warga.

Adu argumen tak terelakan dalam debat. Begitu pula reaksi dari para pendukung, baik di arena debat maupun di posko pemenangan masing-masing calon.
(dkp/erd /Detik.com)
  • Terpopuler Minggu Ini