Generasi Muda Perlu Maknai Hari Pahlawan

Advertisemen
Ambon, Malukupost.com - Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua mengatakan generasi muda di daerah ini perlu memaknai Hari Pahlawan 10 November. "Para pahlawan terutama Founding Fathers yang telah gugur mendahului kita dan telah meletakkan empat hal penting untuk kita laksanakan," kata Zeth, di Ambon, Kamis (10/11). Ia menjelaskan empat hal tersebut, pertama melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia yang artinya rakyat harus hidup aman dan damai. Kedua, mensejahterakan bangsa, artinya rakyat harus sejahtera, makmur dan tidak hidup dalam kemiskinan. Ketiga, mencerdaskan bangsa, artinya anak-anak atau generasi muda bangsa ini harus pandai, karena dengan kemampuan intelektual yang tinggi bisa mengelola sumber daya alam yang ada untuk kemakmuran rakyat. "Ini diamanatkan dalam pasal 33 UUD 1945," kata Zeth. Keempat, sebagai bagian dari dunia internasional ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. "Saya kira empat hal itu yang diwariskan oleh para Founding Fathers kita untuk generasi kita sekarang dan yang akan datang," ujarnya.
Ambon, Malukupost.com - Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua mengatakan generasi muda di daerah ini perlu memaknai Hari Pahlawan 10 November.

"Para pahlawan terutama Founding Fathers yang telah gugur mendahului kita dan telah meletakkan empat hal penting untuk kita laksanakan," kata Zeth, di Ambon, Kamis (10/11).

Ia menjelaskan empat hal tersebut, pertama melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia yang artinya rakyat harus hidup aman dan damai.

Kedua, mensejahterakan bangsa, artinya rakyat harus sejahtera, makmur dan tidak hidup dalam kemiskinan.

Ketiga, mencerdaskan bangsa, artinya anak-anak atau generasi muda bangsa ini harus pandai, karena dengan kemampuan intelektual yang tinggi bisa mengelola sumber daya alam yang ada untuk kemakmuran rakyat.

"Ini diamanatkan dalam pasal 33 UUD 1945," kata Zeth.

Keempat, sebagai bagian dari dunia internasional ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

"Saya kira empat hal itu yang diwariskan oleh para Founding Fathers kita untuk generasi kita sekarang dan yang akan datang," ujarnya.

Sehubungan dengan itu, Wagub mengajak generasi muda di daerah ini untuk bekerja keras serta menjaga persatuan dan kesatuan.

"Saya mengajak kita semua, mari menjaga kebersamaan untuk mewujudkan cita-cita bangsa, yakni masyarakat yang adil dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," katanya.

Ia menambahkan, untuk mengisi kemerdekaan perlu mewujudkan pembangunan, bukan saja pembangunan fisik tetapi pembangunan karakter atau mental.

"Pembangunan fisik perlu menyiapkan mental yang kuat, terutama generasi kita, supaya apa yang telah dirintis oleh pendahulu kita, betul-betul bisa ditindaklanjuti untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," ujar Wagub Zeth. (MP-4)
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments