Roy Suryo Tertipu Akun Palsu Anak Jokowi

adsense 336x280


Akun Twitter @KRMTRoySuryo (98 ribu pengikut) --dikenal milik Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Roy Suryo-- kembali jadi bulan-bulanan di media sosial, Jumat (1/4/2016).

Insiden ini bermula saat @KRMTRoySuryo membagikan tangkapan layar kicauan akun @GibranRakabumi. "Yang tanggal muda gajian silakan belanja-belanja, yang tidak gajian silakan nyinyiri pemerintah," bunyi kicauan @GibranRakabumi.

Dalam kicauannya, @KRMTRoySuryo terkesan menyerang akun yang menggunakan nama dan foto milik anak Jokowi, Gibran Rakabuming itu. @KRMTRoySuryo menyebut kicauan itu disampaikan oleh "anak yang tidak punya nurani."

Namun, serangan @KRMTRoySuryo itu justru menyisakan masalah. Pasalnya, akun itu bukan milik Gibran, dengan kata lain: palsu.
Seperti diwartakan Tempo.co (8 November 2014), Gibran mengaku tidak pernah membuat akun Twitter pribadi atas namanya.
"Saya tidak pernah bikin akun Twitter pribadi. Akun Twitter saya hanya Chilli Pari (@chilli_pari, 45 ribu pengikut)," kata Gibran. Chilli Pari merupakan jenama perusahaan katering yang dikelola Gibran.
Walhasil, sejumlah tweeps balik mengolok-olok @KRMTRoySuryo, yang dianggap telah salah sasaran.
Beberapa akun bahkan menyeret status Roy Suryo sebagai ahli teknologi informasi. Label itu dirasa tak pantas, sebab @KRMTRoySuryo tidak bisa membedakan antara akun Twitter palsu dan asli.
Berikut sejumlah sindiran tweeps terhadap @KRMTRoySuryo.

Dalam kicauan susulan, @KRMTRoySuryo mencoba mengelak dari serangan tweeps. Ia menyebut kicauan pertama itu sebagai "test the water" (baca: sekadar menjajal efek).

@KRMTRoySuryo juga berargumen bahwa dirinya tidak menyebut @GibranRakabumi sebagai akun anak presiden.
Sekadar catatan, dalam kicauan pertamanya, @KRMTRoySuryo menyertakan tagar #TanyaJokowi. Pun ada kata "anak" di dalamnya.

Tagar dan kata itu, bisa mengundang tafsir bahwa @KRMTRoySuryo tengah mengidentifikasi @Gibranrakabumi sebagai akun asli milik anak sulung Jokowi, Gibran.
Bila insiden ini dianggap blunder, maka sudah dua kali @KRMTRoySuryo melakukannya, dalam dua pekan terakhir.
21 Maret, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (2013 - 2014) itu juga jadi olok-olokan netizen. Saat itu, @KRMTRoySuryo mengirim permintaan kepada Twitter agar akunnya diverifikasi.

Tweeps menganggap permintaan itu berlebihan, sebab Twitter memang tidak menerima permintaan verfikasi dari khalayak luas. Sebaliknya, Twitter akan menghubungi seorang pengguna, bila dirasa layak mendapatkan lencana biru verifika(beritategar) adsense 336x280