Hal Sangat Sederhana, Yang Bisa Merubah Dunia

adsense 336x280





Share From Kaskus






Sobat, bumi ini sudah rusak,
mulai dari isu Global warming kah,
Polusi Udara lah, benua Sampah,
Sumber migas yang menyusut,
bahkan sampai bencana banjir.
pertannyaannya, akankah kita perparah keadaan tersebut?
untuk itu, mari kita selamatkan bumi kita dengan 7 langkah sederhana.




1. Gunakan 2 kali

agan tau kan bahan baku kertas dari pohon, semakin banyak kita makai kertas semakin banyak
kita akan menebang pohon secara tidak senggaja. kita hidup di jaman modern yang notabene
banyak instansi pendidikan bermunculan, justru dari instansi ini yang banyak mengunakan kertas. untuk tugas lah, fotocopi lah, ngeprint lah dan lain sebagainya.





ane miris gan, di kosan ane di tempat sampahnya banyak dibuang tugas tugas teman ane yang make kertas HVS. banyak banget gan, ampe penuh tuh tong. dan pas ane liat, ternyata lembar belakangnya masih kosong, ane pikir sayang amat di buang. kan masih bisa di pake, akhirnya ane pilihin dah mana yang masih kosong, lumayan bisa buat ngeprint lagi.

ane percaya ko, agan agan banyak duit sehinga bisa membeli kertas berapa rim pun. tapi permasalahannya, kalo seluruh dunia berpikir gitu, dan tiba tiba semua pohon kita di babat habis buat bikin kertas, trus rusak lah bumi ini, duit agan yang banyak itu apakah bisa ga di pake lagi?

ato jangan jangan duit ud ga ada lagi karena bahan bakunya ud ga di produksi.

ane bangga gan ama dosen ane yang penah bilang asistensinya ga pelu di kertas yang baru, di belakannya aja, coret lembar yang udah ga kepake. coba kalo semua orang bisa berpikir seperti ini, di kantor, di sekolah, bahkan di rumah bisa memanfaatkan kertas bekas. berarti kita bisa menyelamatkan pohon, yang merupakan penghasil oksigen buat napas kita.


2. Buang sisa makanan ke tanah.





terutama biji buah gan. kalo agan makan buah, sisanya justru jangan di buang ke tempat sampah, buang lah ke tanah. Agan ingat gerakan sejuta pohon, ato setiap orang satu pohon dan apapun itu. kita bisa ko melakukan seperti itu tanpa perlu direpotkan mencari bakal pohon ato tanah yang tepat, cukup dengan membuang biji buah ke tanah. biarkan alam yang meneruskan langkah selanjutnya.


Spoiler for Bakal Tumbuhan:


Ya apa pun pohon itu, paling tidak kita telah menanam satu bakal pohon. bayangkan kalo agan sering makan buah, apa ga agan membantu menghijaukan dunia ini.?

kalo biji ato sampah buah di buang ke tempat sampah, justru pembusukannya menjadi tidak sempurna, ujung ujungnya Bau. kita belum menjadi negara moderen yang dengan disiplin memisahkan sampah organik dan non, kalo pun sudah di pisahkan di tong, ujung ujungnya pengankutannya pun cuma satu, al hasil tercampur sampah tersebut.

kalo di buang di tanah, pembusukan menjadi sempurna, sukur sukur biji tersebut menjadi tumbuhan lebat. dan bagian dari buah tersebut akan tidak langsung menjadi kompos, dan menyuburkan tanaman yang ada di sekitarnya. asal, agan jangan sembarangan buang di tanah yang bersih, justru bisa membuat kotor, ya ane percaya agan orang cerdas yang bisa memilih tempat untuk membuang biji buah ke tanah yang mana.


3. Lipat kertas bungkus makan.






Gan, setiap habis makan. ane selalu lipat sampe sekecil ini gan.


Spoiler for Bungkus Makan:
















lagi lagi masalah sampah gan. Ya kita tau lah, pengelolaan sampah memang menjadi masalah pelik, bahkan bisa sampai menjadi benua sampah /Pastic Continent, (sebuah kumpulan sampah yang terdiri dari 80% bahan plastik dan setidaknya 3,5 juta ton sampah plastic dan membentuk sebuah pulau di tengah lautan samudra pasifik antara hawai dan California). Di indonesia sendiri kemana si ujung ujungnya sampah, apakah di treatment sehingga menjadi kotak kecil dan lalu di musnahkan? tidak gan, ujung ujungya di kumpulin di TPA. dan semakin besar volume sampah, akan semakin makan ruang. Kaya anekdot sederhana, apa bedanya orang kurus dengan orang gemuk? kalo orang kurus makan ati, kalo orang gemuk makan tempat. nah karena makan tempat itulah sampah semakin luas, mending di buat tempat tinggal kan gan.

Jadi, sebelum agan membuang sampah, pastikan sampah telah terkompres sekecil mungkin gan. Biasanya ane buang yang organik ke tanah gan, kaya agan habis makan daging ato ikan. tulannya jangan di buang ke tempat sampah gan, buang ke tanah aja. kalo di buang di tempat sampah, ujung ujungnya ntar di ‘korek korek’ ama kucing, tikus kalo ga anjing. Sebelum di korek korek, mending di pisahin dulu gan. bagi bagi rejeki ke hewan lain.


4. Kompres sabun






Kompres sabun, gimana caranya? kalo agan punya sabun mandi yang tinggal dikit, jangan di buang gan. satukan dengan yang baru, dengan di rendam sebentar di air, kalo kedua lapisan yang akan di sambung sudah basah, baru di kompres gan. ntar nyatu kaya gini ni.


Sabun Mandi:





Lagi lagi bukan masalah duit gan, ini masalah lingkungan tempat kita tinggal. ngelakuin itu ga lama ko, cuma 5 menit, bisa di lakukan pas kita mandi.

Sabung, selain sebagai pembersih, ia juga sebagai pengotor lingkungan gan. bukti sederhana, kalo agan ngerendem pakaian, trus agan lupa akhirnya sampe seharian di rendem, apa yang terjadi, bau gan. justru baju kita menjadi kotor.


5. Nebeng









bayang kan gan, kalo setiap orang punya kendaraan dan dia bawa sendiri. bayangkan saja berapa bensin yang sudah di bakar setiap harinya, berapa CO2 yang di keluarkan setiap harinya. bukan-kah ini akan menjadi penguras cadangan migas dan penambah polusi serta permasalahan global warming.sederhana aja gan, nebeng lah. ga perlu kita pake terus kendaraanya, kita tinggal ikut temen, ato kalo perlu nanti gantian temen yang ikut kita. kalo masing masing agan ngajak 3 temen di mobil agan, kan ud ngurangi 3x polusi, kalikan berapa banyak yang melakukan hal sama, kalikan perhari. signifikan hasilnya gan.
ane ga nyaranin naek kendaraan umum si gan, ane nyadar, kendaraan umum (terutama di jakarta) sepertinya kurang layak. tapi kalo nebeng (ikut kendaraan temen, red) mungkin jauh lebih nyaman.


6. Beli yang di butuhkan






Simpel gan, kalo agan butuh ngeprin beberapa lembar, ga pelu beli satu rim. hasilnya ngangur dah sisanya di kamar ato kost, trus si penjual kehabisan barang dan dia beli lagi. apa aga makin banyak penebangan pohon secara tidak sengaja? ngerti lah maksudnya kan gan. dari pada numpuk di kost, mending numpuk di warung gan, bisa di jual lagi.kalo emang temen ada yang punya, jangan gengsi untuk minta gan. masa ga di kasih? klo ga di kasih juga, dia suruh baca Thread ini gan.


Spoiler for Membeli yang di butuhkan:





$3Cspan style="font-family: Comic Sans MS;">dan contoh lainnya lah ya, ane kira agan cukup ngerti lah.


7. Saving energi





ini paling sederhana tapi mudah lupa. kalo kita ud ga make listrik, mbo ya di matikan. dispenser yang terus menyala padahal kita tidak butuh air panas akan menguras listrik, begitu juga AC, TV, Komputer dan lain sebagainya yang tidak di gunakan akan lebih baik di matikan.semua itu sumbernya dari listrik, nah listrik sebagian besar di nyalakan oleh pembangkit berbahan bakar minyak (ato sumber lain yang tidak dapat diperbaharui). lagi lagi akan menyebabkan berkurangnya cadangan bahan bakar kita. Saving energi juga termasuk energi thermal, ini jarang di ketahui banyak orang. dari kalangan teknik yang banyak tau, sayangnya juga mereka banyak yang tidak melaksanakan juga. saving energi termal contohnya seperti ini, agan nyalain AC, tapi kondisi jendela ato pintu terbuka, agan ngerasa kurang dinggin maka agan kecilin lagi temp. nya. dari pada memperbesar kinerja AC, lebih baek agan tutup tu pintu dan jendela supaya kerja AC maksimal




Bantu di Rate ya, Bantu selamatkan bumi kita. adsense 336x280